PERAN PENTING DIGITAL MARKETING DAN TEKNOLOGI MODERN DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING INDUSTRI KREATIF 5.0

Authors

  • Yuliana STIE IBMT Surabaya
  • Cut Aviyanti STIE IBMT Surabaya

Keywords:

Digital Marketing, Industri Marketing 5.0, Periklanan, , Era 5.0

Abstract

Di era Industri marketing 5.0, Periklanan memainkan peran paling penting membangun pertumbuhan industri kreatif. Industri kreatif menggabungkan inovasi antara manusia dan teknologi canggih seperti AI, Internet of Things(IoT) dan robot. Industri kreatif menghadapi tantangan sekaligus peluang besar untuk sub sektor periklanan,seni,musik, desain, dan aplikasi. Pelaku industi kreatif wajib memahami preferensi audiens, mengoptimalkan komunikasi, dan meningkatkan penjualan dengan sarana digital marketing. Dengan memanfaatkan digital marketing sebagai alat strategis, juga menjangkau audiens yang lebih luas, mempromosikan produk dan layanan, serta membangun hubungan langsung dengan konsumen. Pengguna teknologi seperti AI dan VR/AR memiliki kemampuan dalam menciptakan konten yang lebih inovati dan kreatif. Meskipun demikian, masalah seperti hak cipta, kepercayaan konsumen terhadap pembelian digital, dan ketergantungan pada koneksi internet masih menjadi masalah utama. Pilihan strategi pemasaran digital yang tepat, kerja sama dengan influencer, dan inovasi periklanan sangat penting dalam hal ini. Selain meningkatkan produktivitas dan efisiensi, Revolusi Industri 5.0 mendorong keberlanjutan dan keseimbangan antara manusia dan teknologi. Dengan kata lain, digital marketing membantu industri kreatif berkembang, memberikan peluang besar untuk iklan inovatif dan meningkatkan daya saing global. Pelaku industri dapat mengatasi masalah dan memanfaatkan teknologi untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dengan rencana yang tepat.

References

Dr. Ratna Wijayanti. 2021. 5 Manajemen INDUSTRI KREATIF Industri Kreatif.

Faradilla. 2024. “Apa Itu Digital Marketing? Ini Pengertian Dan Berbagai Strateginya.” Hostinger Tutorial. https://www.hostinger.co.id/tutorial/apa-itu-digital-marketing.

HANIFA, and AHMAD SHOLIHIN. 2023. “PERAN AI TERHADAP KINERJA INDUSTRI KREATIF DI INDONESIAیلیب.” Nucl. Phys. 13(1): 104–16.

Huda, Andi Nurul. “Strategi Pemasaran Media Digital Pentingnya Ya Media Digital Dalam Pemasaran.”

Indrawati, Andy Prasetyo Wati Jefry Aulia Martha Aniek. 2020. 11 Edulitera (Anggota IKAPI – No. 211/JTI/2019) DIGITAL MARKETING. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI.

Kemenkraf. 2021. “Mengenal Strategi Iklan Kekinian, Digital Marketing.” Kemenkraf. https://kemenparekraf.go.id/hasil-pencarian/mengenal-strategi-iklan-kekinian-digital-marketing (June 27, 2021).

Nurjanah, Novita Eka, and Tsali Tsatul Mukarromah. 2021. “Pembelajaran Berbasis Media Digital Pada Anak Usia Dini Di Era Revolusi Industri 4.0 : Studi Literatur.” Jurnal Ilmiah Potensia 6(1): 66–77.

Rania. 2023. “Revolusi Industri 5.0: Perkembangan, Dampak & Peluang Bisnis.” SASANA DIGITAL. https://sasanadigital.com/era-revolusi-industri-5-0-di-indonesia/.

Rauf, Abdul, Sardjana Orba Manullanng, Tri Endi Ardiansyah P.S, Farah Diba, Ilham Akbar, Puji Muniarty, and Robi Awaluddin. 2021. Grup Publikasi Yayasan Insan Shodiqin Gunung Jati Anggota Digital Marketing. doi:10.5937/civitas2001052n.

Salmaa. 2023a. “Penelitian Kualitatif: Jenis, Tujuan, Karakteristik, Penerapan.” penerbitdeepublish. https://penerbitdeepublish.com/penelitian-kuantitatif/#2_Metode_Deskriptif (April 28, 2023).

Salmaa. 2023b. “Studi Literatur: Pengertian, Ciri, Teknik Pengumpulan Datanya.” penerbit deepublish. https://penerbitdeepublish.com/studi-literatur/#content (March 17, 2023).

Siagian, Hendra Fridolin Ananda Sudater. 2023. “Mengenal Revolusi Industri 5.0.” KEMENTRIAN KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-lahat/baca-artikel/16023/Mengenal-Revolusi-Industri-50.html (March 30, 2023).

Uddin, Safar. 2021. “Industri Kreatif.” Manajemen INDUSTRI KREATIF 5(1): 125.

Wahid, INDICO. 2023. “INDICO: Menggali Potensi Industri Kreatif Dan Digital Indonesia Melalui Dukungan Ekosistem Digital.” INDICO. https://marketing.co.id/indico-menggali-potensi-industri-kreatif-dan-digital-indonesia-melalui-dukungan-ekosistem-digital/.

Wijaya, Hengki. 2021. “Metode-Metode Penelitian Dalam Penulisan Jurnal Ilmiah Elektronik.” Jurnal Jaffray (March): 21–22. doi:10.31219/osf.io/dw7fq.

Downloads

Published

2024-12-02

How to Cite

Yuliana, & Cut Aviyanti. (2024). PERAN PENTING DIGITAL MARKETING DAN TEKNOLOGI MODERN DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING INDUSTRI KREATIF 5.0. Jurnal Pendidikan Manajemen Transportasi, 4(4). Retrieved from http://ejurnal-stmt-malahayati.ac.id/index.php/JPMT/article/view/99

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>