PENGARUH MOTIVASI, PENGALAMAN KERJA DAN KOMPETENSI DALAM MENINGKATKAN KINERJA KAYAWAN PT. DHARMA LAUTAN NUSANTARA

Penulis

  • Octy Avriani Negara S.Kom, MM.

Abstrak

Kinerja merupakan hasil kerja dan perilaku kerja seseorang dalam periode biasanya satu tahun. Output yang dihasilkan beragam bentuknya, tergantung dari organisasi itu sendiri. Banyak faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan. Pada penelitian ini diambil 3 (tiga) faktor yang paling mempengaruhi, yaitu : Motivasi, pengalaman kerja dan kompetensi. Permasalahan mengenai kinerja juga dialami oleh kayawan PT. Dharma Lautan Nusantara (DLN) di Lombok Utara.

Tujuan diadakannya penelitian ini adalah pertama untuk menganalisis pengaruh variabel bebas yaitu Motivasi (X1) terhadap variabel terikat berupa kinerja karyawan (Y) pada PT. Dharma Lautan Nusantara (DLN). Kedua, untuk menganalisis pengaruh variabel bebas yaitu pengalaman kerja (X2) terhadap variabel terikat berupa kinerja karyawan (Y) pada PT. Dharma Lautan Nusantara (DLN). Ketiga, untuk menganalisis pengaruh variabel bebas yaitu kompetensi (X3) terhadap variabel terikat berupa kinerja karyawan (Y) pada PT. Dharma Lautan Nusantara (DLN).

Populasi dalam penelitian adalah seluruh karyawan PT. Dharma Lautan Nusantara (DLN) yang berjumlah 28 orang. Sampel diteliti dengan menggunakan kuesioner untuk diketahui pendapat mereka tentang kinerja karyawan. Uji asumsi klasik yang dilakukan menunjukkan bahwa model regresi tersebut telah memenuhi asumsi normalitas, tidak terjadi gejala multikolinearitas dan model regresi tidak mengandung heteroskedastisitas.

Hasil penelitan menunjukkan bahwa semua hipotesa yang diajukan terbukti kebenarannya, yaitu pertama, Motivasi ( X1) berpengaruh positif dan

 

 

 

signifikan terhadap kinerja pada PT. Dharma Lautan Nusantara (DLN). Kedua, pengalaman kerja(X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pada PT. Dharma Lautan Nusantara (DLN). Ketiga, kompetensi(X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pada PT. PT. Dharma Lautan Nusantara (DLN), dan variabel Pengalaman Kerja ( X2) mempunyai pengaruh yang paling besar.Hal ini ditunjukkan juga dengan nilai R2 sebesar 0,808, artinya 80,8% variasi variabel terikat yaitu kinerja karyawan (Y) pada PT. Dharma Lautan Nusantara (DLN), dipengaruhi oleh variabel-variabel bebas berupa motivasi, pengalaman kerja dan kompetensi. Sedangkan sisanya (19,2%) dipengaruhi oleh variabel lain diluar  model.

Kata Kunci : Motivasi, Pengalaman kerja, Kompetensi, Kinerja

Diterbitkan

14-03-2024

Terbitan

Bagian

##section.default.title##