ANALISIS OPTIMALISASI SISTEM IINFORMASI MANAJEMEN LAYANAN PERUSAHAAN JASA PT. POS INDONESIA CABANG MEDAN

Authors

  • Sukardi Sukardi STMT Malahayati
  • Nevi Vina STMT Malahayati
  • Yasir Riyadi Universitas Negeri Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.63352/jpmt.v5i1.112

Keywords:

Kualitas Layanan, Kepuasan Konsumen, PT Pos Indonesia

Abstract

 Penelitian ini mengambil judul “ANALISIS OPTIMALISASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN LAYANAN PERUSAHAAN JASA PT. POS INDONESIA CABANG MEDAN”. Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui tingkat harapan konsumen mengenai kualitas pelayanan Perusahaan Jasa Ekspedisi Pos Indonesia dan kinerja kualitas layanan yang dirasakan oleh konsumen setelah menerima pelayanan jasa Perusahaan Jasa khususnya pada sistem informasinya. Perusahaan telah menggunakan kemajuan teknologi untuk menerapkan praktik baru dalam pemasaran dan bisnis. Selain itu, internet mengubah pasar dan bisnis secara signifikan. Sejak penemuan teknologi internet, pola kehidupan secara bertahap berubah. Internet, yang merupakan koneksi global dari ribuan jaringan yang dikelola secara bebas, secara dramatis telah mengubah pasar dan bisnis. Sejak munculnya internet, konsumen di seluruh dunia telah didekati dengan pola kehidupan yang berubah dan keinginan untuk banyak hal yang dilihat. Bisnis juga mulai menggunakan internet untuk mendukung pembentukan sistem. Banyak perusahaan di Indonesia sekarang harus mempersiapkan diri untuk menggunakan berbagai alat e-bisnis sebagai bagian baru dari cara mereka berinteraksi dengan pelanggan, pemasok, dan karyawan. PT. Pos Indonesia (Persero), perusahaan pengiriman terkenal di Indonesia, adalah salah satunya dan  hasil analisis menggunakan SWOT terlihat kelebihan dan kekurangannya.

References

Anggraini, Lulu Dian, Panji Deoranto Dan Dhita Morita Ikasari. 2016. Analisis Persepsi Konsumen Menggunakan Metode Importance Performance Analysis Dan Customer Satisfaction Index.Jurnal Industri Vol 4 No 2 Hal 74 – 81

Ausat, A. M. A., Azzaakiyyah, H. K., Permana, R. M., Riady, Y., & Suherlan, S. (2023). The Role of ChatGPT in Enabling MSMEs to Compete in the Digital Age. Innovative: Journal of Social Science Research, 3(2), 622–631. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i2.346

Ausat, A., Massang, B., Efendi, M., Nofirman, N., & Riady, Y. (2023). Can Chat GPT Replace the Role of the Teacher in the Classroom: A Fundamental Analysis. Journal on Education, 5(4), 16100-16106. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2745

Chang, His Yu, Chen Chang. Hsiu. Liang Huang, Gow. 2006, A Study Of Service Quality, Customer Satisfaction And Loyalty In Taiwannese Leisure Industry, The Journal Of American Academy Of Business, Cambrige. Vol.9. Num.1.

Engel, F. James; Roger D. Blackwell; Paul W. Miniard. 2004. Perilaku Konsumen. Jakarta : Binarupa Aksara

Habibi, A., Riady, Y., Alqahtani, T. M., Muhaimin, M., Albelbisi, N. A., Jaya, A., & Yaqin, L. N. (2023). Drivers affecting Indonesian pre-service teachers’ intention to use m-learning: Structural equation modeling at three universities. E-Learning and Digital Media, 20(6), 519-538.

Habibi, A., Riady, Y., Samed Al-Adwan, A., & Awni Albelbisi, N. (2023). Beliefs and knowledge for pre-service teachers’ technology integration during teaching practice: An extended theory of planned behavior. Computers in the Schools, 40(2), 107-132.

Habibi, A., Riady, Y., Alqahtani, T.M.(2022) Online Project-Based Learning for ESP: Determinants of Learning Outcomes during Covid-19 Studies in English Language and Education, 2022, 9(3), pp. 985–1001

Harahap, M. A. K., Almaududi Ausat, A. M., Rachman, A., Riady, Y., & Azzaakiyyah, H. K. (2023). Overview of ChatGPT Technology and its Potential in Improving Tourism Information Services. Jurnal Minfo Polgan, 12(1), 424-431.

Heizer, Jay Dan Barry Render. 2005. Operation Management , 7th Edition .(ManajemenOperasi Edisi 7, Buku 1) Penerbit Salemba Empat. Jakarta.

Herjanto, Eddy 2007, Manajemen Operasi, Edisi Ketiga, Jakarta: PT.Grasindo

Hurriyati, Ratih, 2005, Bauran Pemasaran Dan Loyalitas Konsumen; Bandung: ALFABETA

Juhanda Dan Sari. 2014. Analisis Kualitas Website Jalur Nugraha Ekakurir (Jne)Menggunakan Pendekatan Webqual Dan ImportancePerformance Analysis (Ipa) Menurut Persepsi Online Seller. Prodi S1 Manajemen Bisnis Telekomunikasi Dan Informatika, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Telkom

Kotler, Philip 2005. Manajemen Pemasaran : Analisis, Perencanaan, Implementasi Dan Kontrol. Edisi 9. Jakarta: Salemba Empat

Latu, T.M. Dan Everett, A.M., 2000, Review Of Satisfaction Research And. Measurement Approaches, Departement Of Conservation, Wellington,. New Zealand.

Magal, Simha R Dan Levenburg, Nancy M. 2005. ‘Using Importance-Performance Analysis To Evaluate E-Business Strategies Among SmallBusinesses’. Proceedings Of The 38thHawaii International Conference OnSystem Science

Mulyono, Bayu Hadyanto, Yoestini , Rini Nugraheni, Mustofa Kamal. 2007. Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Perumahan Puri Mediterania Semarang). JURNAL STUDI MANAJEMEN & ORGANISASI Volume 4, Nomor 2, Juli, Tahun 2007, Halaman 91

Parasuraman, A, Valarie A. Zeithaml, And Leonard L. Berry. 1988.“SERVQUAL: A Multiple-Item Scale For Measuring Consumer PerceptionsOf Service Quality”. Journal Of Retailing. Vol 64 (1) Pp 12-37

Purnama, Nur Syahbani. 2006. Manajemen Kualitas Perspektif Global. Edisi 1.Yogyakarta: Ekonisia

Putri, Kinkin Y. S.; Riady, Yasir; and Suwito, Annisa (2024) "Changing Healthy Living Behavior in the Post-Pandemic Era: New Communication Culture," JURNAL KOMUNIKASI INDONESIA: Vol. 13: No. 1, Article 10.

Rachman, Mohammad Dan Andriyani. 2012. Analisis Metode Servqual Pada Jasa Pengiriman Barang Ekspres “Yakin Esok Sampai” (Studi Kasus Pada Pt JNE Semarang). DIPONEGORO JOURNAL OF MANAGEMENT Volume 1 Nomor 1 Tahun 2012, Halaman 403-414

Rahayu, Sri, 2005, SPSS Versi 12.00, Dalam Riset, Alfabeta, Bandung.

Riady, Y., Alqahtany, T.M., Habibi, A., Sofyan, S., Albelbisi, N.A.(2022) Factors affecting teachers’ social media use during covid-19Cogent Social Sciences, 2022, 8(1), 2115658

Riady, Y. (2014) Assisted learning through facebook: A case study of universitas terbuka's students group communities in Jakarta, Taiwan and Hong Kong Turkish Online Journal of Distance EducationThis link is disabled., 2014, 15(2), pp. 227–238

Riady, Y. (2013). Litersi Informasi sejak dini: pengetahuan baru bagi anak Usia dini. Visi: Jurnal Ilmiah Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Non-Formal. 8(2).159-165. DOI: https://doi.org/10.21009/JIV.0802.10

Riady, Y. (2009). Perilaku Perilaku Pencarian Informasi Mahasiswa Pascasarjana Program Doktor Bidang Pendidikan Bahasa Yang Menyusun Disertasi: Studi Kasus Di Universitas Negeri Jakarta. Tesis. Program Magister Ilmu Perpustakaan dan Informasi, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia, Indonesia.

Riady. Y., Sofwan, M., Mailizar,M., Alqahtani, T. M., Yaqin, L. N., Habibi, A.(2023) How can we assess the success of information technologies in digital libraries? Empirical evidence from Indonesia. International Journal of Information Management Data Insights, 3(2), 2667-0968, https://doi.org/10.1016/j.jjimei.2023.100192

Santoso, Singgih, 2005, Menguasai Statistik Di Era Informasi, PT. Elek Media Komputindo, Jakarta.

Stanton, Wiliam J. 2008.Prinsip Pemasaran, Jilid 1, Jakarta: Erlangga.

Supranto,. 2011. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar ( Cetakan Keempat). Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Bisnis, Penerbit Alfabeta, Bandung.

Tjiptono Fandy. 2002. Manajemen Jasa, Edisi Kedua, Cetakan Ke 3. Penerbit Andi Yogyakarta

Widyahastuti, F., Riady, Y., Zhou, W.(2017) Prediction model students' performance in online discussion forum ACM International Conference Proceeding Series, 2017, pp. 6–10

Widyahastuti, F., Riady, Y., Fransiskus, D.(2017) Performance prediction as a new feature in e-learning Proceedings of the International Conference on e-Learning, ICEL, 2017, pp. 237–243

Yamit, Zulian. 2001. Manajemen Persediaan. Yogyakarta : Penerbit Ekonisia. Fakultas Ekonomi UII.

Yoon, Sung-Hyun Park, Dan Dr. Jin-Woo. 2014. A Study On Importance And Satisfaction Of Forwarders As To Airline Services: Based On The Main Export Route Of Korean Market. International Journal Of Business And Social Research (IJBSR), Volume -4, No.-3, March, 2014

Downloads

Published

2025-01-11

How to Cite

Sukardi, S., Nevi Vina, & Yasir Riyadi. (2025). ANALISIS OPTIMALISASI SISTEM IINFORMASI MANAJEMEN LAYANAN PERUSAHAAN JASA PT. POS INDONESIA CABANG MEDAN. Jurnal Pendidikan Manajemen Transportasi, 5(1), 1–25. https://doi.org/10.63352/jpmt.v5i1.112